I. Perangkat Lunak Komputer (software)
Software (perangkat lunak atau program) adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang diatur sedemikian sehingga komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara tertentu. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika hardware adalah komponen yang nyata dan dapat dilihat dan disentuh oleh manusia maka software tidak dapat dan dilihat secara fisik. Software memang tak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoprasikannya. Bentuk terkecil dari software adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini di susun software / perangkat lunak..
Software berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi :
A.Sofware Berbayar
Sofware berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggungkan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membayar atau membeli pada pihak yang mendistribusikannya. Pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan menyebarluaskan software secara bebas. Contoh software berbayar ini misalonya adalah sistem Microsoft windows, Microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
B. Software gratis (freeware)
Perangkat lunak komputer ber-hak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Contohnya, Mozilla News, Mail Client dll. Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi pada waktu tertentu. Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk program periklanan, distribusi jenis ini disebut dengan Adware.
A. Perkembangan software
Perkembangan software dibagi kedalam empat periode yaitu :
1. Periode Pioner
2. Periode Stabil
3. Periode Mikro
4. Periode Modern
a. Periode Pioner (1950 – 1963)
• Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabelke antar bagian dalam komputer.
• Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu.
• Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesaidikerjakan komputer berupa print out.
• Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan.
b. Periode Stabil (1963 – 1980)
• Pada era stabil penggunaan komputer sudah cukup meluas dan banyak digunakan di berbagai kalangan.
• Perusahaan perangkat lunak bermunculan.
• Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer dilakukan secara serempak (multi tasking).
• Satu perangkat lunak dapat digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time).
• Mulai diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
c. Periode Mikro (1980 – 1990)
• Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal, dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
• Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
d. Periode Modern (1990 – …)
• Perangkat lunak/software terdapat pada hampir semua perangkat elektronik.
• Semua perangkat yang memiliki software dapat saling terhubung (otomatisasi).
• Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.
• Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
B. Klasifikasi Perangkat lunak
1. Perangkat lunak SISTEM, yaitu Perangkat lunak yang khusus berkaitan dengan hardware sistem komputer.
2. Perangkat Lunak APLIKASI, Perangkat lunak yang umumnya digunakan untuk mengolah data.
a. Perangkat Lunak Sistem
Sistem Operasi
• Saat komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasi adalah software yang pertama kali dijalankan untuk mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, mengatur penggunaan memori, dll.
• Contoh Operating System :Dos, Windows, Linux, Unix, OS, Apple System, Novell, dll .
Bahasa Pemrograman
• Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma rancangan manusia (programmer) kedalam format yang dapat dijalankan komputer.
• Contoh : Basic, Pascal, Fortran, C, dll.
System Utility
• Merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya menjalankan hardware, pemeriksaan hardware, memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), dll.
• Contoh : Hardware Driver, Norton Utility, PC Tools, dll.
b. Perangkat Lunak Aplikasi
• Pengolah Kata
• Contoh : Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll.
• Spread Sheet
• Contoh : Lotus, Excel, SPSS, dll .
• DBMS
• Contoh : Dbase, Access, FoxPro, dll .
• Multimedia
• Contoh : Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll .
• Aplikasi Games
• Contoh : Mini Games, Heavy Games, dll .
II. Perangkat Keras Komputer (Hardware)
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Perangkat keras komputer dibagi menjadi :
A.Input device terdiri dari keyboard dan mouse.
B. Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section).
C. Output device terdiri dari monitor dan printer.
D. Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
E. Komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Contoh hardware :
1. Power Supply
Berupa kotak tegangan listrik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen harware yang ada di dalam casing.
Fungsi :
Mengobah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard.
2. Motherboard
Berbentuk papan atau board elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bisa dipasangkan dengan board lain misalnya, memori, sound card dll.
Fungsi :
Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer.
3. CPU (Central Prossesing Unit)
Komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan pengendali proses kinerja komputer.
Fungsi :
Tempat mengatur semua instruksi program pada komputer.
4. Harddisk
Komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan hitam, head, papan elektonik, motor penggerak dan komponen lainnya.
Fungsi :
Salah satu booting komputer dan media penyimpanan dengan kapasitas yang besar.
5. Video Adaptor
Komponen hardware komputer yang menghubungkan peralata pemrosesan gratis dengan peralatan out put berupa monitor. Video adaptor mempunyai prosesor sendiri yang disebut GPU (Graphic Prossesor Unit), sehingga beban kinerja prossesor utama jadi lebih ringan.
Fungsi :
Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan out put berupa layer atau monitor.
Menampilkan kualitas gambar terbaik untuk pemutaran film jenis CD dan DVD.
Software alikasi 2D dan 3D.
6. Sound Card
Komponen hardware komputer yang berbentuk chip pada motherboard atau PCB yang memiliki empat komponen utama untuk menterjemahkan analog dan digital.
Fungsi :
Mengolah data berupa audio atau suara.
7.Heatsink Fan (HSF)
Merupakan peralatan pendingin yang berbentik kotak atau bulat, yang terbuat dari bahan almunium dan di atasnya terdapat kipas yang akan berputar saat komputer menyala.
Fungsi :
Pendingin dan penyerap panas pada hardware.
Penjaga sirkulasi udara pada casing.
8. Casing
Adalah kotak pembungkus atau tempat meletakkan komponen hardware.
Fungsi :
Melindungi komponen hardware dari gangguan luar.
Penentu kinerja sistem karena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware.
Tempat meletakkan hardware.
III. Pengguna Komputer (brainware)
Pengertian Brainware
Brainware merupakan perangkat akal atau orang yang dapat mengopersikan komputer. Dalam hal pemanfaatan komputer secara optimal diperlukan orang-orang yang ahli dalam mengopersikan komputer. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.
Menurut tingkat pemanfaatannaya terhadap komputer, Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi,sebagai berikut :
A. System Analyst : penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer.
B. Programmer : orang yang dapat menguasai bahasa pemrograman untuk berkomunikasi dengan komputer sehingga dapat memanfaatkan komputer secara optimal sesuai dengan kebutuhan .
C. Administator : seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah jaringan komputer.
Data Entry Operator : pemakai komputer yang memiliki kemampuan menggunakan program aplikasi untuk menyelsaikan pekerjaan. Pada umumnya keahlian yang harus dimilikinya antara lain mampu mengoperasikan komputer dan peralatan pendukungnya, menggunakan program aplikasi sesuai dengan pekerjaan dan mampu mengarsipkan data ke media penyimpanan sesuai dengan keperluan.
Brainware atau pengguna komputer (user) terdiri dari beberapa tingkatan tergantung pada media organisasinya. Tingkatan brainware terdapat pada struktur jaringan, internet platform, dan program builder.
a. Network Platform
• Administrator
• Backup Operator
• Network Config Operator
• Power User
• Remote Desktop User
• Replicator
• User
• Guest
• Debugger User
• Help Services Group
b. Internet Platform
• Web Master
• Designer
• Operator
• User
c. Software Builder
• Analisis Sistem
• Programmer
• Operator
IV. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
keyboard qwerty
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch Pad Pointing Stick Touch Pad Track Ball
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
perangkat Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode Reader
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Scanner
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
kamera digital
V. Unit Keluaran ( Output Device )
Output adalah keluaran atau hasil dari suatu proses berupa data maupun yang berbentuk informasi yang biasanya sudah diolah.
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk yaitu, tulisan, image, dan bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readableform).
Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
a.Monitor
Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer.
Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah :
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 wara pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) tipe monitor yang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.
b.Printer
Printer adalah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
Printer berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah :
Impact, adalah sebuah printer yang bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, adalah sebuah printer yang cara bekerjanya secara mekanik, yaitu dengan penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
c.Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar - gambar mesin yang cukup besar dan konstruksi bangunan atau gedung.
d.Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar